Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan Pengetahuan Peternakan Ayam Kampung, Pelatihan Peningkatan Kapasitas Digelar di Soppeng

Minggu, 13 Desember 2020 | 17.34 WIB Last Updated 2020-12-13T09:35:05Z

 



Okesulsel.Com, Wajo - Forum Group Diskusi (FGD) dengan UNHAS  gelar pelatihan peningkatan kapasitas peternak ayam kampung dengan para pelaku usaha peternakan ayam di Kecamatan Lalabata Kab. Soppeng. Minggu (13 /12 2020).


Bupati Soppeng diwakili Kepala Dinas peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan Kab. Soppeng, Ir. Erman Asnawi, M.Si, sangat berterima kasih kepada Unhas yang telah bekerjasama dengan Pemkab Soppeng terkait kerjasama FGD peternakan.


"Kami sampaikan bahwa Program Pabbeta berangkat dari keprihatinan  dari banyaknya bantuan ayam tapi hasilnya tidak bagus akhirnya terbentuklah Pabbeta ini. Dimana Pabbeta menjembatani pelaku usaha industri untuk berkembang," Jelas Erman.


Ia juga mengatakan bahwa ayam petelur yang ada di Kab. Soppeng, mencapai 1 juta ekor, sedangkan untuk ayam pedaging menjadi konsumsi yang sangat tinggi di kalangan masyarat Soppeng.


"Kita harus terus mencari terobosan, demi kesejateraan  masyarakat.  Dengan konsumsi protein hewani dapat meningkatkan vitalitas dan kecerdasan masyarakat," Harapnya.


Sementara anggota DPRD Kab. Soppeng A. Syamsu Rijal  mengatakan masyarakat kita di Soppeng ini kendalanya adalah takut mencoba .


"Kami sebagai wakil masyakarat mencoba membuka mata masyarakat agar jangan takut mencoba dan alhamdulillah hari ini FGD  bisa dilaksanakan , kami berharap bimbingan dan ilmu dari Unhas untuk masyarakat terkait cara beternak ayam kampung.  Animo masyarakat sebenarnya sangat meningkat, namun ilmu yang masih kurang,"ungkap A. Syamsu Rijal.


Anggita DPRD Soppeng itu juga mengatakan bahwa kami ingin memperoleh ilmu bagaimana kita bisa tekan perihal masalah pakan ini. Dimana sebenarnya  banyak bahan pakan lokal yang bisa kita buat, namun ilmunya yang tidak  ada. Untuk itulah, kami berharap ilmunya dari Unhas.


Selain itu ia juga berharap kepada pihak perbankan, untuk memberikan  bantuan untuk para peternak. Sehingga ia meminta kepada Kadis peternakan agar membuat petaan masyarakat, seperti desa A hobinya ternak sapi, desa B hobinya ternak kambing, desa C hobinya ternak ayam, sehingga nantinya bantuan yang diberikan tepat sasaran dan tidak sia - sia.


Dosen Peternakan Unhas Dr.  Syahdar Baba,  S. Pt. M. Si mengatakan harapannya supaya bisa melepas allope sebagai rumpun ayamnya Soppeng, dengan demikian hal ini dapat dijadikan sentra untuk berkerja bersama, bisa dikembangkan bersama antara Unhas dan Pemkab Soppeng.


"Hal yang menarik di  Kab. Soppeng yaitu adanya program pabbeta, sebuah program baru yang menfasilitasi peternak ini dengn inovasi yang baik dan menarik karena menciptakan kemandirian, bukan menciptakan ketergantungan. disini kita akan memecahkan masalah melalui diskusi bersama,"jelasnya.


Turut  hadir, para dosen peternakan Unhas, pimpinan Bank BRI Cab. Soppeng, para masyarakat peternak.(red)

×
Berita Terbaru Update