Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Lokasi di Buteng di Tinjau Kadis Cipta Karya Bina Konstruksi Tata Ruang Provinsi Sultra

Senin, 25 Januari 2021 | Januari 25, 2021 WIB Last Updated 2021-01-25T13:06:26Z



Okesulsel.com, Buton - Kepala Dinas (Kadis) Cipta Karya Bina Konstruksi Tata Ruang, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Dr. Ir. H. Pahri Yamsul, M.Si, bersama rombongan untuk kesekiankalinya mengunjungi Kabupaten Buton Tengah (Buteng).


Pada Kunjunganya tersebut, Bupati, H. Samahuddin mendampinginya dan keliling keberapa tempat yang ada di Buteng. Senin (25/01/2021). 


Pembangunan bundaran simpang lima Labungkari merupakan lokasi yang pertama yang dikunjungi oleh Bupati bersama kadis Cipta Karya provinsi. Setelah sempat melihat lokasi rencana pembangunan tugu bundaran di Labungkari, kemudian rombongan bergeser menuju rumah sakit umum daerah (RSUD). 


Sama dengan sebelumnya, usai melihat lokasi RSUD, kemudian rombongan bergerak menuju beberapa lokasi wisata seperti gua La Umehe, Tanjung Buaya, danau Anano Tei serta lokasi rencana penataan kawasan kumuh yang terletak di area pasar Watolo (sekitar jembatan jodoh). 


“Kunjungan kita kali ini agendanya untuk melanjutkan pembangunan tahun kemarin (2020) agar supaya lebih optimal pembangunan yang ada di Buteng, " Jelas kadis Cipta Karya dan Tata Ruang provinsi, Dr Fahri saat di sejumlah media, Senin (25/1/2021). 


Untuk pembangunan yang telah dikerjakan oleh Cipta Karya provinsi di tahun 2020 lalu, lanjutnya, yakni pengerjaan pintu gerbang perbatasan Muna-Buteng yang terletak di desa Lakapera serta penataan lokasi Tanjung Buaya. 


“Tahun lalu kita sudah kerja pintu gerbang batas Muna-Buteng serta Tanjung Buaya. Kemudian untuk tahun ini kita akan lanjutkan kembali di tambah dengan pembangunan tugu di Labungkari serta penataan kawasan kumuh yang ada disini (Mawasangka), " lanjutnya 


Untuk anggaran yang akan di gelontorkan nanti, lanjut Fahri, 2 item pembangunan (pintu gerbang dan Tanjung Buaya) masih memiliki anggaran yang sama seperti tahun sebelumnya, hanya saja ada penambahan anggaran sebab terdapat 2 item pekerjaan baru. 


“Untuk anggaran pembangunan yang akan dibantu kemungkinan tidak besar karena masih terkendala dengan dana refocusing kemari (Covid-19). Yang jelas untuk desain secara keseluruhan yang kita siapkan 5 miliar sesuai kemampuan provinsi, " katanya. 


Sementara itu, Bupati Buteng, H Samahuddin saat di konfirmasi menuturkan bahwa satu kesyukuran saat ini kadis Cipta Karya provinsi kembali berkunjung ke Buteng guna membantu membangun serta mengoptimalkan sarana pariwisata di Buteng. 


Selain membantu membangun sarana pariwisata, Cipta Karya juga membantu pembanguna tugu di simpang lima Labungkari. 


“Jadi untuk anggaran pembangunan yang di Labungkari khususnya tugu simpang lima akan di lakukan sharing dan untuk tugu sendiri pemda menyiapkan anggaran 10 miliar lebih begitupun juga untuk penataan di gua Laumehe," tutur Samahuddin. 


"Yang jelas kalau menggunakan uang daerah kita tidak akan mampu, jadi saya lakukan komunikasi dengan provinsi. Intinya saya itu mau bekerja untuk Buteng bukan hanya berbicara saja,” terangnya.(Dzabur Al-Butuni)

×
Berita Terbaru Update