Notification

×

Iklan

Iklan

Dinas PK Buteng Usul Empat Benteng di Buteng Sebagai Kawasan Cagar Budaya

Selasa, 16 Maret 2021 | 21.25 WIB Last Updated 2021-03-16T13:25:38Z
Okesulsel.com, Buton Tengah - Sebanyak Empat (4) buah benteng yang terdapat di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) bekas peninggalan masa kerajaan diusulkan sebagai kawasan cagar budaya. Pengusulan tersebut diinisiasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dinas PK) Buton Tengah (Buteng) dengan melibatkan tim Ahli Cagar Budaya (ACB) dari Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

La Ode Muhamad Aksa, sebagai ketua Tim dari Ahli Cagar Budaya Sulsel yang melakukan verifikasi dan kajian terhadap keempat benteng tersebut, terdapat beberapa kriteria untuk menentukan sebuah situs atau peninggalan sejarah agar bisa ditetapkan sebagai bagian dari cagar budaya, diantaranya adalah umur suatu peninggalan, keguanaan dan fungsi, serta memiliki nilai penting.

"Tentu harus ada kriterianya, kalau menurut Undang-undang Cagar Budaya misalnya umurnya minimal sudah 50 tahun, serta dia harus memiliki nilai penting dalam sejarah," jelasnya, Selasa (16/03/2021).

Selain itu, masih kata La Ode Muhamad Aksa, penetapan layak atau tidaknya empat benteng tersebut masuk sebagai kawasan cagar budaya akan diputuskan melalui sidang yang rencananya akan digelar pada tanggal 26 Maret mendatang.

"Sebenarnya kan tim ACB ini melakukan kajian berdasarkan pendaftaran dan pendataan yanh dilakukan oleh tim pendaftar melalui Dinas PK, nanti itu akan dipelajari oleh ACB kemudian diserahkan ke biro Hukum untuk di periksa nanti kemudian Pak Bupati berikan rekomendasi penetapan," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PK Buteng, Abdullah mengatakan bahwa tujuan dari dilakukannya pengusulan keempat benteng tersebut adalah untuk menetapkan dan mendapatkan status hukum dan kejelasan terhap situs-situs warisan peninggalan sejarah yang ada di Buteng.

"Seperti kata Pak Prof tadi, jadi ini tujuannya agar warisan-warisan sejarah yang ada di Buteng sini bisa memiliki status yang jelas," ucapnya.

Kedepannya lanjutnya akan dilakukan pula hal yang sama terhadap situs-situs budaya lain yang ada di Buteng mengingat daerah itu memiliki peninggalan sejarah yang tidak sedikit.

Adapun 4 benteng tersebut meliputi:
1. Benteng Bombonawulu terletak di Kecamatan Lakudo
2. Benteng Liwu/Lakudo terletak di Kecamatan Lakudo
3. Benteng Boneoge terletak di Kecamatan Lakudo
4. Benteng Wasilomata terletak di Kecamatan Mawasangka.

(Dzabur Al-Butuni)

×
Berita Terbaru Update