Notification

×

Iklan

Iklan


 

Sosialisasi Pemanfaatan Kawasan Hutan, Wabup Soppeng: Hutan Rusak Berpotensi Timbulkan Bencana

Senin, 12 April 2021 | 05.33 WIB Last Updated 2021-04-11T21:33:08Z

 



OkeSulsel.Com, Soppeng - Pada hari Minggu tanggal 11 April 2021 pukul 13.45 wita bertempat di Aula kantor Desa Sering Kec. Donri-Donri telah berlangsung kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan dan Penggunaan Kawasan Hutan yang di inisiasi oleh Pemerintah daerah Kab. Soppeng dan dipimpin Wakil Bupati Soppeng Ir. H. Lutfi Halide MP.


Sebelum acara sosialisasi dimulai para undangan yang hadir melakukan penanaman pohon jenis jati, kemiri dan mahoni secara simbolis di samping kantor Desa Sering.


Dalam sambutannya Wabup Soppeng menyampaikan beberapa hal  diantaranya ucapan terima kasih kepada para pejabat dari masing-masing instasi tersebut diatas dan warga yang telah hadir dalam acara sosialisasi tersebut.


"Kami berharap Sosialisasi ini memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya yang bermukim di dalam maupun sekitar kawasan hutan tentang bagaimana cara memanfaatkan kawasan hutan untuk kesejahteraan masyarakat tanpa melanggar aturan yang ada sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Soppeng yaitu Pemerintahan yang lebih melayani, maju dan sejahtera,"ucap Wabup Soppeng.


Selain itu ia mengatakan bahwa kawasan hutan yang ada di Kab. Soppeng memegang peranan penting bagi kehidupan masyarakat karena apabila hutan sudah rusak berpotensi menimbulkan bencana alam berupa banjir dan tanah longsor, sehingga pemerintah perlu mengambil langkah antisipasi dengan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menjaga kawasan hutan tersebut.


"Kami telah berkoordinasi dengan instansi terkait dengan kawasan hutan tentang program-program yang dapat dilaksanakan untuk pemanfaatan bagi kesejahteraan masyarakat, ke depan agar para Kades yang dalam wilayahnya ada kawasan hutan untuk mendata jenis tanaman yang dibutuhkan atau diinginkan oleh warganya kemudian akan di bantu oleh pemerintah melalui instansi yang berwenang. Kami berjanji akan memperhatikan dan mengawal desa yang mempunyai kawasan hutan lindung serta tetap berkoordinasi dengan instansi terkait,"lanjutnya.


Sambutan Kadis kehutanan prov . Sulsel A. Parenrengi, SP, MP siap mendukung pengembangan sutera Alam di Kab.Soppeng.


"Balai Pengelolaan daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung telah menyiapkan bibit tanaman produktif  bibit Pala, rambutan, kemiri dan Pinus sesuai keinginan petani," ungkapnya.


Turut hadir kepala Dinas Pertanian Kab. Soppeng

Para kepala Desa se-kec.Donri-Donri.(red)

×
Berita Terbaru Update