Notification

×

Iklan

Iklan

Harkitnas, Momentum Guna Menjadi Tangguh Hadapi Masa Pandemi

Kamis, 20 Mei 2021 | Mei 20, 2021 WIB Last Updated 2021-05-29T12:43:48Z



Okesulsel.com, Ponorogo - Peringatan  Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-113 tahun 2021 merupakan momentum yang tepat untuk bangkit menjadi bangsa yang tangguh menghadapi berbagai tantangan dan persoalan yang ada. Termasuk menghadapi pandemi covid-19 dan segala dampaknya.


Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita usai mengikuti secara virtual Upacara Harkitnas Ke-113 tahun 2021, yang berlangsung di  Gedung Pusdalops Ponorogo Kamis (20/5/2021)


Peringatan Hari Kebangkitan Nasional bukan saja untuk mengingat lahirnya Perhimpoenan Budi Utomo, organisasi yang terbentuk pertama kali menuju Indonesia merdeka. Namun lebih dari itu, Harkitnas mengajarkan adanya pergerakan nasional.


“Sejarah mengajarkan hal itu, tentang sebuah pergerakan yang terorganisir dalam skala nasional,” ungkap Wabup Lisdyarita


Wabup menguraikan, era digital membawa berbagai pengaruh, positif maupun negatif. Karenanya, untuk menuju negara yang maju maka warga bangsa harus pandai memilah dan memilih aspek yang positif untuk mendorong pembangunan dan harus mampu mengantisipasi ekses negatifnya


.“Kita harus berpegang teguh kepada nilai Pancasila, agar tidak mudah terpecah karena berita dan informasi hoax yang dapat memecah belah bangsa,” urainya


Semangat kebangkitan nasional harus menjadi Pemupuk optimisme dalam menghadapi segala tantangan dan persoalan sebagai penerus bangsa. Terutama dalam menghadapi keprihatinan nasional akibat adanya pandemi dengan dampaknya yang berupa pelemahan semua sektor terutama sendi perekonomian.


“Kita harus bangkit karena kita bangsa yang tangguh. Kita ingin segera bangkit. Hari ini pun pemerintah sedang bekerja keras dalam membangkitkan perekonomian, agar segera bisa menyejahterahkan masyarakat, dan bangkit dari keterpurukan,” ucapnya.


Wabup Lisdyarita berharap, semangat Hari Kebangkitan Nasional kali ini dapat diterapkan dalam segala aspek. Baik dalam penegakan hukum, kebangkitan budaya, kebangkitan pemuda, kebangkitan ekonomi dan kebangkitan dalam mencerdaskan bangsa.


“Mari kita warisi api perjuangan para pahlawan pendahulu kita, jangan kita warisi abunya,” pungkasnya. (Fp)

 

×
Berita Terbaru Update