Notification

×

Iklan

Iklan

Warga Mojoroto Temukan Benda Diduga Mortir, Team Jibom Satbrimob Polda Jatim Berhasil Mengamankan

Jumat, 25 Juni 2021 | Juni 25, 2021 WIB Last Updated 2021-06-25T13:27:22Z

 



OkeSulsel.Com, Kediri - Team Jibom Gegana Satbrimob Polda Jatim melakukan Pemunasahan Bahan peledak berupa mortir di Lapangan Tembak Wira Yudha Brigif 16 Kediri pada (24/06/21). 


Benda yang di Duga sebagai Mortir tersebut  ditemukan seorang warga, di Jl.Dr.Saharjo GG.IX no.10 RT 19 RW 04 Kel. Campurejo Kecamatan Mojoroto Kediri pada ( 17/06/21). 


Dalam kegiatan tersebut turut hadir Jajaran Satbrimob Polda Jatim dan Petugas Gabungan diantaranya. Kompol Gatot Setyo Budi SH.MH ( Kapolsek Mojoroto), AKP Anacleto Soares,S.H, (Danki Brimob Kompi 1 Yon C Pelopor SatBrimob Polda Jatim,) Kapten Johar (Pasi Intel Brigif 16,) Kapten Tri Purnomo (Dank Brigif 16 ),IPTU Sugito (Kanit Turjawali Polres Kediri Kota), Serda Muklis (Provos Brigif 16), Serda Herry  ( Bhabinsa Sukorame ), Bripka Danang Tru (Anggota Shabara Polres Kediri Kota). 


Sementara itu diturunkan 1 Team Jibom Gegana Satbrimob Polda Jatim yaitu Bripka Samsul Arifin,( Katem Jibom) Bripka Eko Wiji S,(Anggota) Briptu Syahrul Fadli,(Anggota) Bharatu Cesar,(Anggota) Bharatu Ari P(Anggota) 


Saksi sekaligus penemu Rohmadtulloh seorang PNS yang tinggal di Jl. Dr. Saharjo Gg. IX No. 10 Rt 19 Rw 04 Kel. Campurejo Kec. Mojoroto Kota Kediri. ( Pemilik rumah ) dan Miftahul Ulum warga Kediri yang beralamat. Dusun. Selidono Rt 19 Rw 05 Ds. Pojok Kec. Wates Kab. Kediri. ( kuli banguanan ) ikut hadir dalam kegiatan tersebut.



Satgas Brimob Polda Jatim mengatakan  Pada hari Kamis tanggal 17 Juni 2021 pukul 08.00 wib barang tersebut (diperkirakan motir) ditemukan pada saat Sdr. Rohmatulah (pemilik rumah) sedang menggali tanah untuk pembuatan pondasi /sepatu cakar sedalam 60 cm. 


Selanjutnya Pada hari Jumat tanggl 18 Juni 2021 Pukul 07.00 Wib kejadian tersebut diberitahukan ke saksi 2  (tukang bangunan). Kemudian saksi 2 meletakan benda tersebut di area galian pondasi . 


Pada hari minggu tanggal 20 Juni 2021 Pukul 11.00 Wib membersihkan benda tersebut karena masih terbungkus tanah, setelah dibersihkan saksi 2 curiga karena barang tersebut belakangnya ada sayapnya, selanjutnya diletakan disekitar penggalian. 


Pada hari Rabu tanggal 23 Juni 2021 Pukul 07.00 Wib sdr. Rahmatuloh memberitau kepada Kopka Gianto anggota Koramil 0809/22 Semen (warga Rt 19 Rw 04 Kel. Campurjo) selanjutnya melaporkan ke Polsek Mojoroto. 


Dan Pada hari Rabu tanggal 23 Juni 2021 Pukul 09.00 Wib dilaksanakan pengecekan benda yang di duga Mortir yang di tinjau langsung petugas Kepolisian dan TNI. 


" Menentukan pos kotis dan titik disposal, selanjutnya Operator 1 menuju ke pos kotis untuk merangkai bom militer jenis mortir sebanyak 1 buah (temuan dari Polsek Mojoroto Polresta Kediri) dengan Handak shape charge 1 buah, escokit 1 buah, dan sumbu ledak, kemudian Operaror 1 membawa bom militer yang sudah di rankai menuju ke titik disposal dan dilanjutkan dengan pemasangan detonator di titik disposal". Ujar AKP anacleto soares,SH Danki brimob kediri Ke Media. 


Ia menjelaskan pada  Pukul 08.45 WIB Operator 1 kembali ke Pos Kotis, dan dilanjutkan dengan peledakan oleh Operator 1 yang sebelumnya diberikan himbauan pelaksanaan peledakan oleh Katim Jibom. 


Pukul 08.50 WIB Operator 1 selesai melaksanakan peledakan, selanjutnya Unit Jibom memberikan waktu endap 30 menit. 


Pukul 09.00 WIB Waktu endap selesai, Operator 1 melaksanakan pengecekan terhadap titik disposal dengan hasil bom militer terdisposal sempurna dan dilanjutkan pengumpulan serpihan hasil peledakan. 


" Selama melaksanakan disposal Unit Jibom tidak menemukan kendala sehingga kegiatan disposal dapat berjalan dengan aman dan lancar.  Barang bukti bom militer jenis mortir sebanyak 1 buah (temuan dari Polsek Mojoroto Polresta Kediri) dan dapat didisposal dengan sempurna." Pungkasnya ( wijaya)

×
Berita Terbaru Update