Notification

×

Iklan

Iklan


 

Vaksinasi Warga Binaan Lapas di Sulsel Capai 93,76 Persen

Senin, 04 Oktober 2021 | 07.45 WIB Last Updated 2021-10-17T23:46:42Z

 



OkeSulsel. Com, Makassar - Sejak pemerintah mencanangkan program vaksinasi di masyarakat secara gratis, maka jajaran Kanwil Kemenkumham Sulsel juga aktif melakukan vaksinasi kepada warga binaan lapas yang terdapat di 17 Kabupaten/Kota di Sulsel.


Jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang tercatat di Kanwil Kemenkumham secara keseluruhan mencapai 10.424 orang dan memasuki awal Oktober 2021, sudah divaksin sebanyak 9.774 orang warga binaan, sehingga yang belum divaskin tersisa 650 orang WBP.


Demikian diungkapkan Kepala Kanwil Kemenkumhan Sulsel, Harun Sulianto, Minggu, 3 Oktober 2021, usai memantau pelaksanaan vaksin warga binaan di dalam Lapas.


Dikatakan, dari 650 orang warga binaan yang belum divaksin itu karena alasan belum memenuhi persyaratan untuk divaksin, karena beberapa dari warga binaan itu mengalami gangguan kesehatan, sehingga vaksinasi akan disusul kemudian setelah mereka sudah sehat. Saat ini, petugas medis Lapas masih melakukan perawatan kepada warga binaan yang sakit.


Dikatakan, jika diprosentasekan jumlah warga binaan yang sudah divaksin dengan yang belum, maka sisa 7 persen lagi yang belum divaksin, atau vaksinasi warga binaan sudah terealisasi sebesar 93,76 persen.


Dari jumlah 9.774 orang WBP yang sudah divaksin, maka bisa dirinci secara jelas terdiri atas, 2.398 orang Warga binaan yang mengikuti vaksin dosis pertama dan sisanya sebanyak 7.376 orang Warga binaan sudah divaksin lengkap yakni vaksin Pertama dan kedua, yang menggunakan jenis vaksin Sinovac.


Adapun yang belum divaksin sebanyak 650 orang warga binaan, diharapkan bisa divaksin setelah warga binaan itu sudah sembuh dari sakitnya dan sudah memenuhi syarat dan ketentuan untuk vaksin.


“Semoga 650 orang warga binaan yang belum divaksin itu nantinya dapat divaksin apabila mereka sudah sehat dan sudah memenuhi syarat untuk divaksin,” ungkap Harun.


Terkait dengan pelaksanaan vaksinasi di kalangan warga binaan Lapas, Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto menyatakan terima kasih kepada semua pihak, termasuk Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, jajaran Pemkab/Pemkot, petugas tim satgas covid, tim kesehatan dari TNI-Polri, Poltekkes Makassar serta instansi Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar.


Sementara itu, Kadiv Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Sulsel Edi Kurniadi menambahkan, pada saat ini sejumlah Lapas/rutan yang ada di daerah seperti Kabupaten Pinrang dan Enrekang sudah terealisasi pelaksanaan vaksinasinnya 100 persen, sedangkan 17 lapas lainnya baru mencapai 90 persen yang diharapkan bisa rampung seluruhnya sebelum akhir Desember 2021.


“Ke-17 Lapas yang belum tercapai 100 persen yakni, Sinjai, Bulukumba, Bantaeng, Jeneponto, Takalar, Malino, lapas Narkotika di Gowa, Makassar, LPKA Maros, Pangkajene, Barru, Parepare, Sidrap, Sengkang, Makale dan Watampone,” ujar Edi. (Bakri) 

×
Berita Terbaru Update