Notification

×

Iklan

Iklan

Terpantau Kurang Pendaftar, Beasiswa SAMATAU Diperpanjang

Senin, 14 Februari 2022 | 18.34 WIB Last Updated 2022-02-14T10:35:33Z
H. Samahuddin (Foto : Agus)

OKESULSEL.COM, BUTON TENGAH -
Pendaftaran Beasiswa SamaTau (Samahuddin-La Ntau) Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dijadwalkan ditutup hari ini, Senin 14 Februari 2022, diperpanjang kembali hingga satu pekan kedepan, Senin 21 Februari 2022. 

Perpanjangan ini atas perintah langsung  Bupati Buteng H Samahuddin setelah memantau sendiri aktivitas panitia pendaftaran dan masih sedikitnya mahasiswa yang datang mendaftar, Senin (21/02/2022). 

Bupati Buton Tengah (Buteng) berharap dengan perpanjangan pendaftaran Beasiswa SamaTau tersebut akan ada tambahan lagi mahasiswa yang datang mendafatar, utamanya yang belum berkesempatan mengurus berkasnya. 

"Harapan kita dengan program Beasiswa SamaTau ini banyak membantu mahasiswa Buteng yang lagi menyelesaikan studi di perguruan tinggi, baik yang berprestasi maupun yang kurang mampu," harap Samahuddin. 

Di tempat yang sama, Kabag Kesra Setda Buteng Ahmad Nasmudin mengaku kurangnya pendaftaran Beasiswa SamaTau tahun ini akibat persyaratan yang diperketat pihaknya. Salah satunya, batas minimal IPK mahasiswa yakni 3,35 dan belum pernah menerima beasiswa yang bersumber dari mana pun serta diprioritaskan yang belum menerima beasiswa SamaTau tahun sebelumnya. 

Khusus pendaftar beasiswa kurang mampu harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Dinas Sosial sebagai bukti yang bersangkutan benar-benar dari keluarga tidak mampu. 

"Kemungkinan berkurangnya mahasiswa yang mendaftar karena adanya persyaratan-persyaratan itu. Tapi mudah-mudahan dengan diperpanjangnya pendaftaran hari ini sampai Minggu depan, dapat menambah jumlah pendaftar Beasiswa SamaTau 2022," tukasnya. 

Menurut Kepala Badan Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra), Ahmad Nasmuddin berdasarkan, hingga hari terakhir pendaftaran, tercatat pendaftar dari mahasiswa S1 kategori kurang mampu sebanyak 145 orang dan prestasi 119 orang. Sementara dari S1 Kedokteran dan S2 sebanyak 23 orang. 

"Pendaftar masih relatif sedikit, sehingga harus kita perpanjang sampai Minggu depan," perintah Samahuddin kepada Kabag Kesra Setda Buteng Ahmad Nasmudin. 

Untuk diketahui jumlah pendaftar beasiswa tahun 2021 lalu sebanyak 650 orang. Rinciannya 201 orang mahasiswa berprestasi dan 449 mahasiswa tidak mampu. Setelah verifikasi berkas, yang lolos sebanyak 509 orang. Rinciannya, 345 kurang mampu dan 164 prestasi. (Agus)
×
Berita Terbaru Update