Notification

×

Iklan

Iklan


 

14 JCH Asal Buteng Siap diberangkatkan Ke Tanah Suci

Jumat, 17 Juni 2022 | 14.24 WIB Last Updated 2022-06-17T06:24:41Z

OKESULSEL.COM, BUTON TENGAH - 14 Jamaah Calon Haji (JCH) yang berasal dari Kabupaten Buton Tengah siap diberangkatkan. Ke-14 jamaah calon haji tersebut, 6 diantaranya berasal dari kecamatan Lakudo, 5 berasal dari Kecamatan Mawasangka, 2 dari Talaga serta 1 berasal dari Kecamatan Gu. 

Rencananya ke-14 jamaah calon haji ini akan diberangkatkan dari Baubau pada tanggal 21 Juni mendatang yang selanjutnya akan diterbangkan melalui Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. 

"Pesan saya ya mereka (jamaah calon haji) untuk tetap menjaga kesehatan sehingga dalam proses pelaksanaan rukun haji nanti mereka bisa lalui dengan baik," tutur Konstatinus Bukide selaku Sekab Buteng, Jumat (17/06/2022). 

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, terdapat penurunan kuota haji yang diterima oleh Buton Tengah. Konstatinus Bukide menjelaskan, penurunan kuota haji ini sudah merupakan kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi yang membatasi adanya jumlah pendatang di negara mereka termasuk juga bagi calon jamaah haji. 

Indonesia sendiri untuk tahun ini cuma mendapat kuota kurang lebih 100 ribu calon jamaah haji dimana pada tahun-tahun sebelumnya, kuota yang diberikan oleh Pemerintah Arab Saudi bisa mencapai 200 sampai 300 ribu peserta haji. 

"Karena memang kuotanya secara global itu dibatasi oleh Pemerintah Arab Saudi, biasanya bisa mencapi 3 juta lebih, sekarang dibatasi hanya 1 juta untuk seluruh dunia," jelasnya. 

Selain pembatasan kuota dari Pemerintah Arab Saudi, untuk tahun ini pemerintah Republik Indonesia juga mengeluarkan kebijakan yang membatasi umur bagi peserta calon haji. (Agus)
×
Berita Terbaru Update