Notification

×

Iklan

Iklan


 

Pacu Semangat dan Motivasi Mahasiswa Berprestasi, Gubernur Rohidin Berikan Beasiswa

Jumat, 18 November 2022 | 12.20 WIB Last Updated 2022-12-21T16:53:06Z


Bengkulu, Okesulsel - 100 mahasiswa Bengkulu berprestasi mendapatkan hadiah beasiswa dari Gubernur Rohidin Mersyah. Hal ini guna memacu semangat dan memberikan motivasi kepada mahasiswa prestasi di bidang akademik.

“Alhamdulillah, hari ini kami menerima beasiswa dari Gubernur. Terima kasih atas perhatiannya. Semoga beasiswa ini dapat membantu kebutuhan selama masa perkuliahan,” ungkap Arsya Salsabila mahasiswa UIN Fatmawati Soekarno di Balai Raya Semarak, Kamis (17/11).

Senada dengan itu, Karmila dari jurusan keperawatan Poltekes Kemenkes Curup mengungkapkan, dirinya sangat berterima kasih atas hadirnya program beasiswa mahasiswa berprestasi.

“Tentunya hal ini sangat memberikan motivasi bagi kami, dan semoga program ini terus berlanjut sehingga mampu membantu pembayaran UKT selama perkuliahan,” terangnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Eri Yulian menyampaikan sebanyak 100 mahasiswa/i berprestasi menerima beasiswa dari Gubernur Bengkulu, yang nilainya sebesar 1,5 juta rupiah.

“Para penerima beasiswa ini, memang benar-benar disaring dari hampir seluruh perguruan tinggi di Provinsi Bengkulu. Hanya dua Universitas yang belum dapat menerima, yaitu Universitas Ratu Samban dan Politeknik Curup karena terkendala akreditasi,” terang Eri.

Sementara Gubernur Rohidin mengatakan bahwa beasiswa ini diharapkan bisa mendorong mahasiswa dalam mengembangkan diri, sehingga tidak sekedar kemampuan akademik, namun mahasiswa dapat lebih semangat membangun kreativitas.

“Selamat kepada para mahasiswa berprestasi, semoga beasiswa ini mampu mendorong kreativitas, membangun komunikasi, membaca peluang, hingga mampu membangun jaringan. Sehingga di masa mendatang dapat membantu mahasiswa dalam dunia kerja,” ujar Gubernur Rohidin.

Selanjutnya, dirinya sedang merancang penerimaan beasiswa untuk Ketua OSIS di seluruh SMA/SMK Provinsi Bengkulu. Nantinya akan diseleksi, dan apabila benar-benar memiliki kemampuan dapat diberikan beasiswa untuk melanjutkan ke jenjang universitas. Hal ini akan diujicoba, pada awal 2023 nanti dan juga sudah dianggarkan melalui APBD provinsi Bengkulu.

“Pemda Provinsi merancang, dan sedang menyusun regulasinya pemberian beasiswa bagi Ketua OSIS SMA/SMK. Beberapa saat lalu, Pemerintah provinsi juga telah membuat MoU bersama Universitas ternama untuk bekerja sama menjalankan program ini. Dan sistemnya nanti 10 siswa yang berprestasi akan diberikan beasiswa secara full beserta biaya hidup perbulan hingga tamat perkuliahan, namun diberi jangka waktu 8 semester atau 4 tahun harus tamat. Jika lewat, yang bersangkutan harus membiayai kuliahnya sendiri,” tutup Rohidin.

×
Berita Terbaru Update