Notification

×

Iklan

Iklan

Timnas Indonesia U-22 vs Thailand di Final Perebutkan Medali Emas Sepak Bola SEA Games Kamboja 2023

Senin, 15 Mei 2023 | 15.39 WIB Last Updated 2023-05-16T10:06:46Z



Ini suasana di ruang ganti pasca Pratama Arhan dikartu merah di laga semifinal. (Foto: PSSI)

Okesulsel.com, PHNOM PENH KAMBOJA - Laga puncak partai Final Sepak Bola SEA Games ke-42 Kamboja tahun 2023 menampilkan 2 tim papan atas Asia Tenggara, Timnas Indonesia U-22 vs Timnas Thailand U-22.

Timnas Indonesia lolos setelah di semifinal mengubur impian Timnas Vietnam sebagai juara bertahan dalam laga dramatis dengan skor 3-2. Sedangkan Timnas Thailand lolos ke final setelah mengkandaskan Myanmar dengan skor 3-0.

Partai pamungkas berlangsung di Stadion Nasional Olympiade (National Olympic Stadium) Kota Phnom Penh Kamboja, Selasa, (16/5-2023), pukul 19.30 WIB. Disiarkan langsung RCTI dan Live streaming RCTI +.

Laga adugengsi Garuda Muda, julukan Timnas Indonesia U-22 duel dengan Gajah Perang Muda, sebutan Timnas Thailand U-22, dipastikan menegangkan. Karena, ujung-ujungnya menjadi pembuktian siapa yang keok dan siapa yang berjaya. Sayang kalau pertandingan ini dilewatkan, utamanya bagi penggemar bola. 

Perjalan Garuda Muda di ajang SEA Games kali ini cukup mentereng. Di fase grup A, Garuda Muda tak pernah kalah dan dalam 4 laga meraih poin maksimal 12. Bukan cuma itu, anak asuhan pelatih Indra Sjafri ini produktif gol (13 gol) dan hanya kebobolan 1 gol ketika melawan tuan rumah Kamboja dengan skor 2-1. 

Di semifinal, tak pelak lagi secara dramatis menumbangkan juara bertahan Timnas Vietnam dengan skor 3-2, di mana gol penentu dicetak Taufany Muslihuddin masa injury time. 

Bagaimana dengan debut Gajah Perang Muda di SEA Games kali ini? Perjalanannya juga cukup menunjukkan bahwa Thailand tetap menunjukkan diri sebagai salah satu representase kekuatan sepak bola Asia Tenggara.

Di fase grup B, anak asuhan pelatih Thailand, Issara Stritaro itu, menang 3 kali dan terselip 1 kali atau hanya seri melawan Vietnam sehingga koleksi poinnya hanya 10, sama dengan Vietnam. Karena unggul seleisih gol, maka Thailand juara grup B dan mengalahkan Myanmar 3-0 di semifinal sehingga melaju ke final.

Sebelum laga final, selintas dilihat bagaimana skuad Timnas Thailand U-22 yang diusung ke SEA Games di Kamboja 2023 ini. Dibanding SEA Games 2021 di Vietnam (masih diwakili U-23 masing-masing negara), relatif sangat sedikit dari pemainnya kembali diturunkan pada SEA Games Kamboja. 

Sangat mungkin karena yang di-plot sekarang sesuai regulasi U-22, sehingga pemainnya yang masih bagus terkendala usia. Sebut saja pemainnya yang ketahuan telah tampil di SEA Games 2021 dan kembali muncul di SEA Games 2023, hanya ada Jonathan Khemdee (bek), Airfan Doloh (tengah) dan Teerasak Poeiphimai (depan).
Yang lainnya rata-rata pemain baru yang muncul di SEA Games 2023 ini. Lihat Skuad Timnas Thailand U-22 SEA Games Kamboja 2023 di bagian akhir uraian ini.



Selebrasi Skuad Timnas U-22 usai gol pembuka dicetak Komang Teguh dalam laga semifinal (Foto: Ist/Dok, Okesulsel.com).

Garuda Muda Diharap Tunjukkan
Mental Juara dan Raih Medali Emas


Lain halnya dengan Timnas Indonesia U-22, seperti telah dilansir media ini sebelumnya, masih begitu banyak pemainnya yang telah tampil di SEA Games 2021 kembali tampil di SEA Games 2023. Diantaranya, ada Rizky Ridho, Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan, Alfeandra Dewangga, Ilham Rio Fahmi, Irfan Jauhari dan yang lainnya. Lihat Skuad Timnas Indonesia U-22 SEA Games Kamboja 2023 di bagian akhir uraian ini.
 
Pasca laga semifinal antara Indo*nesia vs Vietnam, belakangan dari kubu Vietnam yang merasa tersakiti, muncul suara-suara sumbang mengatakan, Indonesia lolos ke final, karena faktor keberuntungan. Kalau soal teknis, masih bagus Vietnam. 

Respon sejumlah pendukung setia Timnas Indonesia mengatakan boleh-boleh saja Vietnam bilang seperti itu. Namun, fakta menunjukkan, sepanjang pertandingan semifinal itu, justru Vietnam tidak pernah unggul.

Fadly, mahasiswa di Makassar, pendukung setia Timnas yang suka bersuara, menanggapi singkat. Dikatakannya, betul Indonesia hanya menang tipis 3-2 di semifinal dan malah gol penentu dicetak masa injury time, tapi sepanjang pertandingan Vietnam kan tidak pernah unggul. 

Jelas kan, urai Fadly, Indonesia duluan unggul 1-0, kemudian disamakan Vitenam 1-1, Indonesia unggul lagi 2-1, disamakan lagi Vietnam 2-2. Terakhir, Indonesia unggul lagi 3-2 di akhir pertandingan, nah Vietnam sudah tak mampu lagi membalas. 

"Artinya apa, anak-anak Timnas Indonesia mampu membendung Vietnam dan pantang menyerah. Yaaaa, Ananda Raehan dan kawan-kawan itu memiliki mental juara, dan semoga mental juara ini kembali ditunjukkan di final saat melawan Thailand, " ujar Fadly, Senin, (15/5-2023) berharap. 

Sementara itu, satu kerugian bagi Timnas sebab salah satu pilarnya, Pratama Arhan (bek kiri), harus absen di final karena dikartu merah di semifinal. Namun, masih ada Alfeandra Dewangga, Haikal atau yang lainnya bisa dimanfaatkan pelatih Indra Sjafri untuk menutupi itu.

Pratama Arhan pesepakbola asal Blora itu sebetulnya sangat kesal dan sedih, bahkan di ruang ganti sempat menitip pesan bijak ke temannya pasca dikartu merah.

"Kita sudah berjuang dengan 10 pemain, dan kita mendapatkan hasil yang sangat bagus, dan saya berharap di final kalian semua bisa lebih fokus lagi, dan kita harus mendapatkan medali emas," pesan Pratama Arhan di ruang ganti, dikutip dari kanal YouTube PSSI TV, Senin (15/5-2023).

Siapa yang bakal keok (kalah) dan siapa yang bakal berjaya (menang) dan meraih medali emas SEA Games Kamboja 2023 ini, saksikan pertandingannya, Selasa (16/5-2023), sesuai jadwal. (*).


Skuad Timnas Indonesia U-22 
SEA Games Kamboja 2023 

1. Adi Satryo (Kiper)
2. Ernando Ari (Kiper)
3. Bagas Kaffa (Belakang)
4. Komang Teguh (Belakang)
5. Pratama Arhan (Belakang)
6. Alfeandra Dewangga (Belakang)
7. Rizky Ridho (Belakang)
8. Muhammad Ferarri (Belakang)
9. Haykal Alhafiz (Belakang)
10. Ilham Rio Fahmi (Belakang)
11. Ananda Raehan (Tengah)
12. Taufany Muslihuddin (Tengah)
13. Marselino Ferdinan (Tengah)
14. Beckham Putra (Tengah)
15. Irfan Jauhari (Tengah)
16. Witan Sulaeman (Tengah)
17. Jeam Kelly Sroyer (Tengah)
18. Fajar Fatur Rahman (Tengah)
19. Titan Agung (Depan)
20. Ramadhan Sananta (Depan)

Skuad Timnas Thailand U-22 
SEA Games Kamboja 2023


Penjaga Gawang

1. Soponwit Rakyart (Phrae United) 
2. Thirawoot Sraunson (Kasetsart) 
3. Siriwat Ingkaew (Khonkaen United) 
4. James Owen Shanahan (Customs United) 

Belakang 

5. Chatmongkol Rueangthanarot (Chonburi) 
6. Jonathan Khemdee (Ratchaburi) 
7. Songchai Thongcham (Chonburi) 
8. Apisit Saenseekammuan (Nongbua Pitchaya) 
9. Bukkoree Lemdee (Customs United) 
10. Kittichai Yaidee (Customs United) 
11. Kritsada Nontharat (Bangkok United) 
12. Jakkapong Sanmahung (Uthai Thani) 
13. Pongsakorn Trisat (Samut Prakan City) 

Tengah 

14. Chayapipat Supunpasuch (Praiense) 
15. Airfan Doloh (Buriram United) 
16. Channarong Promsrikaew (Chonburi) 
17. Sittha Boonlha (Customs United) 
18. Purachet Thodsanit (Muangthong United) 
19. Leon James (Nongbua Pitchaya) 
20. Settasit Suvannaseat (Chiangrai United) 
21. Thirapak Prueangna (Ayutthaya United) 
22. Phanthamit Praphanth (Samut Prakan City) 
23. Pharadon Pattanapol (Trat) 

Depan  

24. Achitpol Keereerom (Augsburg II) 
25, Teerasak Poeiphimai (Port) 
26. Pattara Soimalai (Buriram United) 
27. Anan Yodsangwal (Lamphun Warriors) ,
28. Nethithorn Kaewcharoen (Suphanburi) 
29. Yotsakorn Burapha (Samut Prakan City)

Penulis: MUH. RENALDI
Editor: ABDUL

Informasi: Berita ini juga dimuat NuansaBaru.ID, media partner Okesulsel.com.

×
Berita Terbaru Update