Notification

×

Iklan

Iklan

Bersinergi Demi Buteng Berkah, Bupati Buteng Buka Musrembang 2021

Selasa, 30 Maret 2021 | 10.02 WIB Last Updated 2021-03-30T02:02:51Z
Okesulsel.com, Buton Tengah - Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021 resmi dibuka oleh Bupati Buton Tengah (Buteng), H. Samahuddin SE., mengambil tema, “Akselarasi Ekonomi Melalui Penguatan Infrastruktur Tata Kelola Pemerintahan SDM Produktif Budaya dan Lingkungan Hidup”.


Musrembang untuk penyusunan RKPD tahun 2022 berlangsung di gedung kesenian Kecamatan Lakudo Kabupaten Buteng, Senin (29/3/2021).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Buteng, Syamsuddin Pamone dalam sambutannya, menyatakan Musrembang tahun ini difokuskan dalam beberapa pembangunan demi terwujudnya Buteng Berkah. Diantaranya, peningkatan segala sektor, yakni sektor pariwisata, pertanian, perikanan dan kelautan.


“Infrastruktur yang dapat menopang peningkatan ekonomi daerah maupun masyarakat. Dan nantinya, program utama ini akan direalisasikan tahun ini dan tahun 2022 mendatang” tuturnya.


Sementara Bupati Buteng H Samahuddin SE menjelaskan, musrenbang ini dilaksanakan untuk menyepakati permasalahan dan prioritas pembangunan daerah. Menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja dan lokasi. Selanjutnya, program dan kinerja harus selaras dengan program provinsi, dan terkahir, progam utama Pemda dalam hal memajukan Buteng Berkah.


“Jadi, di Musrembang tahun ini, tak lepas dari Visi misi Samatau (Samahuddin-La Ntau). Bahwa, program yang dibangun, tak lepas dari kemajuan dan kesejahteraan daerah. Dan meningkatnya Ekonomi daerah dan masyarakat,” ujar Samahuddin.


Dilain sisi, orang nomor satunya Buteng ini mengapresiasi kinerja para jajaranya. Pasalnya, di Musrembang tahun ini memberikan banyak kemajuan. Baik itu dibidang infrastruktur, pariwisata, pertanian, perikanan dan kelautan. Maupun dibidang lainnya.


“Bisa kita lihat formasi kemajuan dari beberapa sektor yang menjadi fokus utama Pemkab Buteng. Walaupun, dari sisi sektor pertanian dan perikanan, belum terlalu mencolok. Namun, disisi lainnya, Pariwisata dan infrastruktur kini jelas nyata pembangunannya,” ujarnya.


Bukan hanya itu, sambung Samahuddin, kemajuan di masa kepemimpinannya tiga tahun terakhir Pengelolaan keuangan daerah begitu baik. Dengan mendapatkan WTP tiga kali berturut-turut. Pengelolaan dana desa (DD) kini sangat baik. Pasalnya ditahun 2019, pengelolaan dana desa masuk diurutan 13 dari 17 kab/kota.


“Ditahun 2021, pengelola DD kita masuk peringkat 3. Tentu ini pencapaian yang luar biasa. Bahwa, para kades begitu sinergi dalam mengelola uang negara dengan begitu baik,” ulasnya.


Meski, masih banyak yang belum dibenahi. Namun, usaha dan tekad dalam membangun Buteng terus dibenahi dengan baik. Semisal, pembangun kantor pelayanan. Rahabilitasi sekolah. Dan menyediakan program beasiswa bagi masyarakat Buteng. Serta membangun pasar, guna meningkatkan ekonomi masyarakat.


“Program kesejahteraan masyarakat terus kita lakukan dengan baik. Dengan membangun pasar dan menyediakan bantuan beasiswa tiap tahunnya. Untuk anak-anak kita yang ada di perguruan tinggi,” ucapnya.


Samahuddin kemudian meminta jajarannya untuk bersinergi dalam membangun daerah yang dicintai bersama. Disisa masa jabatannya yang kurang lebih 2 tahun. Dirinya ingin, mari bekerja lebih baik lagi. Agar, daerah Buteng bisa lebih maju dibanding daerah lain.


“Kerjasama semua pihak, insyaallah Buteng kedepannya bisa lebih maju lagi. Mudah-mudahan apa yang menjadi harapan kita bersama, bisa Terealisasi dengan baik, demi Buteng Berkah,” tutupnya. (Dzabur Al-Butuni)
×
Berita Terbaru Update