Notification

×

Iklan

Iklan

PAUD Fiktif terdapat di Buteng, Ini Tanggapan Kadis PK Buteng

Selasa, 08 Juni 2021 | 17.34 WIB Last Updated 2021-06-10T04:32:24Z

Okesulsel.com, Buton Tengah - Sekolah Taman Kanak Kanak (TK/PAUD) di Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) di duga fiktif terdapat di Desa Baruta Doda, Kecamatan Sangiawambulu. PAUD tersebut bernama Mutiara Pesisir, sempat menerima bantuan matriks rintisan lembaga PAUD di daerah 3T (Tertinggal, Tedepan dan Terluar) dari Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan.

Lembaga ini di duga telah menerima bantuan dari Kementerian pada tahun 2016 silam namun tidak dibarengi dengan laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran. Namun setelah di telusuri sekolah tersebut tidak ada (fiktif). 

"Lembaganya PAUD Mutiara pesisir dan di tahun 2016 lalu menerima bantuan dari Kementerian sebesar 47 juta 500 ribu. Tapi setelah kita lakukan penelusuran kelapangan rupanya sekolah ini tidak ada," ucap Kadis PK Buteng, Abdullah saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (08/06/2021). 

Dinas PK mengetahui usai mendapat teguran dari Kementerian Pendidikan terkait pertanggungjawaban penggunaan anggaran. Setelah dilakukan penelusuran kepala sekolah. Kontak, dan kepsek PAUD atas nama Emariani S.Pd 

"Kami selanjutnya menghubunginya, dari pengakuanya diperoleh informasi bahwa sekolah fiktif tersebut dibangun atas arahan salah satu staf di Provinsi yang mengelola PAUD. Yang arahkan ibu ini (Emariani) menurut pengakuannya atas nama La Bia yang merupakan salah satu staf di dinas yang mengetahui atau menangani bantuan ini," bebernya. 

Atas kejadian tersebut kemudian dinas PK Buteng melakukan langkah cepat dengan melakukan pertemuan dengan pihak Kementerian. 

"Kita sudah komunikasikan hal ini dengan Kementerian dan dalam waktu dekat kemungkinan pihak inspektorat dari Kementerian Pendidikan akan langsung kelapangan," ungkapnya. 

Sementara itu Kadis PK Provinsi Sultra, Asrun Lio, saat di konfirmasi terkait keberadaan LB menuturkan bahwa kini ia sudah tidak berkantor lagi di dinas PK Provinsi. 

"Pak La Bia sudah bukan lagi di dinas PK, sekarang dia sudah di Nakertras. Mungkin bisa langsung komunikasi dengan dia yang 2016 dulu sebagai pengelola," kata Asrun. 

Selain itu tanggapan dari Kepala Dinas PK Buteng pada tahun 2016 yang saat itu dijabat Dr. Anzar, M.Pd juga mengaku tidak tahu tentang adanya usulan PAUD Fiktif.

"Kalau kami saat itu tidak tahu tentang usulan PAUD, ini" Jelas Dr. Anzar yang kini menjabat sebagai kadis Dikmudora Buteng. 

Berdasarkan informasi yang juga dihimpun oleh media ini, selain Buton Tengah (Buteng) sekolah fiktif tahun 2016 juga tersebar di beberapa daerah salah satu diantaranya Buton Selatan (PAUD Mentari) yang terletak di desa Wacuala, Kecamatan Batu Atas. Hingga berita ini tayang, La Bia, selaku pengelola PAUD dinas Provinsi Sultra di tahun 2016 belum terkonfirmasi. (Dzabur Al-Butuni)

×
Berita Terbaru Update