Notification

×

Iklan

Iklan

DPRD dan Pemkab Buteng, Gelar Rapat Paripurna Jelang HUT ke-7

Kamis, 22 Juli 2021 | 23.52 WIB Last Updated 2021-07-22T15:52:09Z

 

OKESULSEL.COM, BUTON TENGAH – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng), menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian pidato Bupati Buteng jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Buteng ke – VII.

HUT Buteng jatuh pada tanggal 23 Juli 2021, rapat paripurna yang dibuka langsung oleh Ketua DPRD Buteng, Bobi Ertanto, bersama Wakil Ketua dan anggota yang turut dihadiri langsung oleh Bupati Buteng, H Samahuddin, Sekertaris Daerah (Sekda) Buteng, H Kostantinus Bukide serta segenap pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, lurah dan Desa berjalan dengan Hidmat dan lancar.

Bupati Buteng, H Samahuddin dalam pidatonya memaparkan hasil pembangunannya dimasa 4 tahun kepemimpinannya. Diantaranya, menerima predikat Wajar Tampa Pengecualian (WTP) secara beruntun sebanyak 4 kali sejak tahun 2017.

"Pertumbuhan ekonomi sejak tahun 2018-2020. Ditahun 2018 misalnya, pertumbuhan ekonomi mencapai 5,83 persen. Tahun 2019 menjadi 6,26 persen. Sedangkan tahun 2020 mengalami penurunan cukup signifikan, yakni 3,07 persen" Ungkap Samahuddin dalam sambutanya di aula rapat DPRD Buteng, Kamis (22/7/2021).

Samahuddin membeberkan, meski tahun 2020 mengalami penurunan, akan tetapi masih memiliki tren positif. Karena semua daerah pertumbuhan ekonomi mengalami minus bahkan nol akibat pandemi Covid-19. Dan Alhamdulillah, angka pertumbuhan saat ini menduduki posisi kedua setelah Kabupaten Konawe.

"Mengulas pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang masih relatif stabil bahkan tidak menurun. Jika dilihat di tahun 2014, IPM Buteng mencapai angka 61,69 persen. Kenaikan kembali terjadi di tahun 2018 menjadi 63,46 persen. Begitu juga di tahun 2019 dan 2020 stop di angka 64,37 persen" Tuturnya

Sementara untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Pemkab Buteng Selalu menggelontorkan beasiswa bagi masyarakat Buteng tiap tahun nya senilai 1 milyar. Dan beasiswa akan terus dianggarkan di tahun-tahun yang akan datang.

Adapun disisi infrastruktur. Samahuddin sedikit lagi menuntaskan pekerjaan jalan. Dari keseluruhan panjang jalan Kabupaten Buteng kisaran 284,96 KM, yang sudah dituntaskan sekitar 250,20 KM. Sementara 34,76 KM akan dituntaskan tahun ini dan tahun yang akan datang.

“Selain jalan raya dan jembatan, dalam rangka menciptakan ciri kesan keindahan kota, kami juga telah membangun beberapa pintu gerbang serta pembangunan Icon tugu menara simpang lima labungkari,” Jelasnya.

Ditengah kesulitan sosial ekonomi akibat pandemi Covid-19. Samahuddin menuturkan Pemkab telah mengucurkan anggaran melalui Dinas sosial sebesar, 3.178.800.000 miliar. Dengan kegiatan pemberian bantuan langsung tunai (BLT) untuk 3.032 warga dan pemberian sembako kepada 1.500 orang.

“Pemberian BLT maupun sembako terus kita lakukan. Agar ekonomi masyarakat di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19 bisa membantu,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Buteng, Bobi Ertanto saat membuka rapat mengatakan, peringatan HUT ke 7 Buteng tahun ini, dilaksankan secara sederhana, karena masi dalam situasi pandemi covid-19.

“Kita harus tetap semangat, untuk bangkit bersama membangun solidaritas dan membangun gotong royong untuk kemajuan Buteng,” kata Bobi

Kemudian, peringatan HUT Buteng ke 7 ini, perlu mengenang dan mengingat kembali, sejarah perjalan panjang pembentukan Kabupaten Buteng, yang memerlukan perjuangan dan pengorbanan untuk melahirkan daerah otonom.

“Dari moment perjuangan tersebut, hendaknya kita jadikan pelajaran untuk memperkokoh dan pertebal serta tekat semangat persaudaraan kita, dalam membangun daerah Buteng yang sejahtera, adil dan makmur, agar sejajar dengan daerah lain di Indonesia yang telah maju,” ungkapnya.

Pada tanggal 23 Juli 2021 besok, Buteng sudah memasuki usia ke 7, meski usia yang masih relatif belia, akan tetapi sudah banyak mengukir prestasi. Salah satunya WTP sudah empat tahun berturut, sehingga mendorong dan memotivasi semua.

Selanjutnya, Ketua DPRD Buteng, Bobi Ertanto mengapresiasi kinerja Bupati Buteng, H Samahuddin. Bahwa Sanya pembangunan yang telah dilakukan selama 4 tahun ini telah banyak memberikan kemajuan daerah. Seperti menuntaskan pekerjaan jalan dan Meningkatkan sektor unggulan lainnya.

“Alhamdulillah jalan kita hampir rampung, ditambah lagi sektor lainnya kini mulai dikenal di skala nasional. Seperti, pariwisata dan lainnya,” Tutupnya. (Dzabur Al-Butuni)
×
Berita Terbaru Update