Notification

×

Iklan

Iklan

Optimalkan Peran Forum Mitra Pemerintah, Dialog Kebangsaan Digelar di Soppeng

Kamis, 04 November 2021 | 07.10 WIB Last Updated 2021-11-03T23:10:29Z

 


OkeSulsel.Com, Soppeng - Dialog Kebangsaan digelar Aula Pertemuan Kantor Gabungan Dinas Kabupaten Soppeng, Rabu, 03 November 2021.


Maksud dan Tujuan dari kegiatan ini adalah mengoptimalkan peran Forum-forum Mitra Pemerintah Dalam Upaya Mewujudkan Terciptanya Stabilitas Politik yang Kondusif Menuju Pemilu & Pilkada Serentak Tahun 2024.


Kepala Badan Kesbangpol dalam sambutannya mengatakan bahwa  Peran Forum-forum kebangsaan sangatlah penting sebagai mitra pemerintah dalam mewujudkan terciptanya stabilitas politik yang kondusif mengingat pada tahun 2024 mendatang kita akan mengadakan Pemilu dan Pilkada secara serentak. Maka dari itu diperlukan optimalisasi peran dari segala unsur masyarakat sebagai langkah awal (deteksi dini) agar stabilitas politik yg kondusif tetap terjaga pra pemilu bahkan setelah pemilu nantinya. 


Adapun narasumber dalam kegiatan itu Tantu Datu Galib selaku Ketua Forum Pembauran Kebangsaan mengatakan stabilitas politik dan situasi yang kondusif dapat dicapai dengan persatuan dan kesatuan antar bangsa. Meskipun dalam politik (pemilu dan pilkada) konteksnya adapah adanya perbedaan pilihan tapi tetap yg jadi tujuan utamanya adalah Indonesia yang lebih baik, damai, aman dan sejahtera. Menurut beliau stabilitas dan situasi kondusif adalah satu-satunya kondisi yang dapat menjamin keamanan dan kenyamanan antar bangsa dari segi IPOLEKSOSBUDHUKHANKAM. 


Sementara Ahmad Wardiman selaku Sekretaris Forum Kerukunan Umat Beragama menjelaskan untuk mencapai stabilitas politik dan situasi yang kondusif perlu untuk selalu membangun sinergitas antar umat beragama mengingat bangsa Indonesia bangsa yang Majemuk dan Plural. Sinergitas antar umat beragama ini di perlukan untuk meminimalisir gesekan-gesekan antar umat beragama yg dapat menjadi Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan stabilitas politik Indonesia. Beliau juga menekankan agar toleransi antar umat beragama selalu dijaga dengan baik terkhusus di Kabupten Soppeng.


Dalam kegiatan Dialog Kebangsaan tersebut juga dihadiri oleh Komunitas Intelijen Daerah ( Kepolisian dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat), serta dari Perwakilan setiap kecamatan se Kabupaten Soppeng.

×
Berita Terbaru Update