Notification

×

Iklan

Iklan

Resmi dibuka, KPU Buteng Siap Sukseskan Pemilu 2024

Rabu, 15 Juni 2022 | 15.02 WIB Last Updated 2022-06-15T07:02:19Z
OKESULSEL.COM, BUTON TENGAH SULTRA - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI) resmi membuka tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) secara nasional untuk tahun 2024 yang digelar Selasa (14/6/2022) malam, pukul 19.00 WIB di Kantor KPU, Menteng, Jakarta. 

Menyambut hal tersebut, ketua KPU Kabupaten Buton Tengah (Buteng) mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan segala bentuk persiapan guna menyukseskan pesta akbar demokrasi yang digelar 5 tahun sekali itu. 

"Mulai hari ini (14/06) terhitung 20 bulan sebelum pemilihan, kami dari KPU kabupaten/kota termasuk Buteng akan mulai melakukan segala persiapan termasuk juga dari segi SDM serta akan mulai mengikuti sejumlah Bimtek," kata La Ode Nuryadin, selaku ketua KPU Buteng saat dikonfirmasi usai mengikuti acara peluncuran Pemilu secara daring di gedung kesenian Lakudo, Selasa (14/06/2022). 

Saat ditanya terkait kesiapan dari segi anggaran, Nuryadin menjelaskan seluruh rangkaian Pemilu 2024 akan digelar dengan anggaran yang bersumber dari APBN terkecuali Pilkada. Ia sendiri menyebutkan KPU Buteng memproyeksikan anggaran yang akan digunakan untuk pagelaran pesta demokrasi tersebut sekitar 50 milyar rupiah. 

"Untuk kesiapan dari segi anggaran, kita akan bersumber dari APBN karena ini pelaksanaannya akan serentak jadi KPU pusat sebagai penyelenggara dan kita yang ada di daerah akan mengikut semua regulasi dari sana," jelasnya. 

"Pilkada sendiri rencananya akan digelar November 2024 nanti, mengacu pada peraturan Mentei Keuangan RI serta pada standar satuan harga, kita diminta untuk menyiapkan perencanaan anggaran sehingga estimisainya kita perkiran sekitar kurang lebih 50 milyar rupiah dan saya rasa itu tidak jauh berbeda dengan daerah lain, dan ini nanti kita akan usulkan ke daerah," lanjutnya. 

Untuk diketahui, sebagai Daerah Otonom Baru (DOB), Buton Tengah sendiri telah sukses menyelenggarakan pagelaran Pemilu sebanyak tiga kali sehingga pria berdarah Muna itu menyebut bahwa pihaknya optimis bakal sukses dengan pagelaran Pemilu tahun 2024. (Agus)
×
Berita Terbaru Update