Notification

×

Iklan

Iklan

Geliat Performa Jepang di Fase Grup, Bungkam 2 Raja Eropa, Jerman dan Spanyol

Jumat, 02 Desember 2022 | Desember 02, 2022 WIB Last Updated 2022-12-05T11:51:08Z

  

Samurai Biru Tunjukkan Taji 

Melenggang ke Babak 16 Besar  


Skuad Timnas Jepang


.

Okesulsel.com, QATAR -  Jepang menunjukkan performa luar biasa di babak penyisihan FIFA World Cup Qatar tahun 2022. German dan Spanyol harus mengakui keperkasaan Jepang. Jerman dan Spanyol sama-sama ditekuk Jepang dengan skor 2-1. 

Seperti diketahui, laga penentu machday ke-3 atau terkakhir antara Jepang dan Spanyol di Grup E, berlangsung di Khalifa International Stadium, Jum'at dinihari, pukul 02.00 WIB. 

Di babak pertama, Spanyol memperlihatkan gaya permaianan tiki-taka dengan operan-operan pendek dan cepat diselingi passing yang yang apik, terlihat cukup menjanjikan. 

Bahkan secara mengejutkan, The Red Devils mampu menciptakan gol yang relatif cepat. Dengan memanfaatkan umpan dari Azpilicueta, penyerang Spanyol Alvaro Morata mampu menjebol gawang Jepang menit ke-11 (11'). Azpilicueta merupakan kapten Chelsea, klub elit Liga Inggris dan Alvaro Morata striker klub papan atas Spanyol, Atletico Madrid.

Jepang tentu kaget, akhirnya Skuad Samurai Biru lebih disiplin membendung serangan tim negara yang La Liga-nya (liga sepak bolanya) se-level dengan Liga Inggris yang jadi acuan dunia. 

Akibatnya, Spanyol bartahan unggul 1-0 hingga waktu normal menit ke-45. Mengejutkannya, hanya sekira 3 menit kemudian pilar Jepang Ritsu Doan mengemas gol balasan menit (48'). Skor imbang 1-1 hingga jedah babak pertama.

Di babak kedua, tim asuhan pelatih Mosiyasu Hajime betul-betul bangkit. Awal kick off babak kedua atau berselang sekira 3 menit pula pasca terciptanya gol balasan, menerima umpan tarik dari Kaoro Mitoma, Ao Tanaka menggandakan gol Jepang mrnit (51'). Jepang mampu berbalik unggul dengan skor 2-1.

Euporia dan gegap gempita pendukung Jepang mewarnai Stadion Khalifa Internasional, salah satu stadion mega Kota Daha itu. Meski sedikit kontroversi lantaran ada yang menganggap bola telah keluar lapangan sebelum umpan tarik Kaoro Mitoma. 

Namun, keraguan itu terjawab setelah VAR (Video Asistent Refree) yang mrnjadi acuan wasit menyatakan gol sah. Jepang pun mengukir sejarah dalam ajang paling bergengsi sepak bola dunia tersebut. 



Euporia Kubu Jepang ketika mengungguli Spanyol

Gilas 2 Tim Juara Dunia


Penikmat bola sejagad tentu tahu bahwa tim asuhan pelatih Luis Enrique itu telah meraih juara dinia tahun 1992. Artinya, di fase grup ini Jepang membuat 'sensasi pantastik'  yang membuat 2 tim negara peraih juara dunia berlutut.

Serupa tapi tak sama, sebelumnya pada match day pertama Grup E, Jepang telah mengalahkan Jerman, juara dunia 4 kali, dengan skor serupa, 2 -1. Selain itu, rangking FIFA Jepang saat ini hanya peringkat 24, jauh di bawah Jerman yang menghuni peringkat 11. Bravo Jepang!

Juru racik Jepang, Mosiyasu Hajime tidak muluk-muluk. Di ajang sepak bola paling akbar ini hanya menargetkan Jepang lolos ke Perempat Final atau 8 besar. 

"Kami adalah grup tangguh yang akan berjuang hingga akhir. Target kami adalah perempat final, tidak kurang dari itu," ujar Hajime realistis..

Selintas, status Jepang di FIFA World Cup Qatar ini dinilai sebagai kuda hitam. Namun, ketika melihat kiprah Jepang di piala dunia, prestasi itu wajar saja, apalagi pembinaan sepak bolanya terus dikebut. 

Tercatat, Jepang di kawasan Asia, prestasinya lumayan bersinar. Tim negara yang teknologinya maju dan disegani dunia Barat itu telah meraih 4 kali juara Piala Asia. Terkait dengan kiprahnya di Piala Dunia, Jepang juga relatif telah banyak berbuat.

Jepang telah dipercaya FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia tahun 1992 dan bareng Korea Selatan sebagai tuan rumah Piala Dunia tahun 2002. 

Selama ini Jepang selalu ikut Putaran Final dalam 7 edisi terakhir sejak kiprah pertamanya di Piala Dunia Tahun 1998. Dari 7 kali debut itu Jepang telah lolos ke babak knock out (16 besar) 4 kali termasuk piala dunja Qatar, jelasnya, tahun 2002, 2010, 2018 dan 2022 ini. (*).

Skuad Timnas Spanyol

Starting Eleven Skuad Jepang vs Spanyol

Skuad Timans Jepang:

Pola: Shuichi Gonda; Ko Itakura, Maya Yoshida, Shogo Taniguchi; Junya Ito, Hidemasa Morita, Ao Tanaka, Yuto Nagatomo; Diachi Kamada, Daizen Maeda, Take Kubo.

PelatihMosiyasu Hajime 

P o l a  : (3-4-3)


Skuad Timnas Spanyol: 

Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Rodri, Pau Torres, Alejandro Balde; Gavi, Sergio Busquets, Pedri; Nico Williams, Alvaro Morata, Dani Olmo.

Pelatih: Luis Enrique 

P o l a  : (4-3-3).


Penulis/Editor: ABDUL


Informasi: Berita ini juga termuat di NUANSABARU.ID, 

                     media partner Okesulsel.com.   

×
Berita Terbaru Update