Notification

×

Iklan

Iklan

Soppeng Gagal jadi Penyangga Pangan, Bupati : Kita Terpaksa Konsumsi Beras Impor!

Selasa, 05 Maret 2024 | 22.41 WIB Last Updated 2024-04-13T14:42:41Z


OKESULEL.COM, SOPPENG - Tahukah anda bahwa beras yang dikonsumsi masyarakat Soppeng saat ini ternyata kebanyakan adalah beras hasil impor.


Hal ini diungkapkan langsung oleh Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak dalam sebuah acara di Lapangan Hikmah Takalala, Kecamatan Marioriwawo, Selasa (5/3/2024).


"Terpaksa kita sekarang ini banyak-banyak mengkonsumsi beras impor, meski kita ketahui bersama bahwa kita adalah salah satu daerah penyangga pangan di Sulawesi Selatan," ujarnya.


Menurut Kaswadi, hal ini terpaksa dilakukan karena kurangnya stok beras akibat pelaksanaan musim tanam yang tidak bisa dilakukan tepat waktu atau tidak maksimal seperti tahun-tahun sebelumnya karena keterbatasan sumber air yang ada di Soppeng.


"Selepas Covid-19 dua tahun lebih, kita menghadapi lagi musim El Nino yang tidak menghasilkan produksi pertanian yang maksimal," beber Kaswadi.


Kaswadi sendiri optimis Pemerintah Daerah kedepannya bisa menjaga ketersediaan stok dan stabilitas harga pangan di Kabupaten Soppeng.


Salah satu caranya dengan terus melakukan intervensi berupa pasar murah di wilayah-wilayah yang dianggap rawan.


"Kita akan lakukan di tiap kecamatan nanti. Kalau ada tempat yang membutuhkan yang dianggap rawan. Kita akan intervensi untuk melakukan pasar murah untuk menjaga ketersediaan kebutuhan masyarakat dan stabilitas harga," pungkas Kaswadi. (Idham)

×
Berita Terbaru Update